Minggu, 13 Juli 2008

Mengapa agama Buddha itu lahir di India tetapi kurang berkembang ?

Agama Buddha memaang lahir kembali di India melalui pembabaran Buddha Dharma yang tanpa kenal lelah dari Sakyamuni Buddha (Pangeran Siddharta dulunya). Sebuah pengorbanan yang maha agung pada suatu tempat yang memiliki kasta-kasta atau tingkatan sosial yang berbeda.bagaimanapun kita sebagai manusia masih memiliki rasa ego yang sangat domiinan, apalagi zaman Sakyamuni Buddha, siapa yang mau tingkatan sosial yang tinggi disamakan dengan tingkatan sosial yang rendah. Mereka tentu akan mempertahankan status sosial tersebut dan memilih tidak mau mengikuti ajaran Buddha yang menyamakan-ratakan semua tingkatan pada manusia. Berkembang tidak suatu agama tidak dapat dinilai dari tempat di mana agama tersebut mulai muncul, tetapi kenyataannya agama Buddha berkembang pesat ke daratan Tiongkok, sewaktu dibawa oleh Sang Boddhidharma (Tat Mo Co Su), sama seperti kita yang mungkin bukan lahir pada tempat atau kota yang sekarang kita pijak, nyatanya kita sudah berkembang disini.

Jadi perkembangan agama Buddha jangan dilihat dari tempat asal munculnya secara pikiran sempit, tapi perkembangannya yang meluas ke seluruh dunia, terutama ke Negara-negara maju, seperti Amerika Serikat adalah sebuah Negara yang telah merdeka kurang lebih 200 tahun dan telah mengalami berbagai perkembangan kehidupan dari zaman barbar ke Negara demokrasi terbesar. Kehidupan bebas sudah menjadi hal yang biasa. Pada saat kita baru berbicara soal kebebasan, saat ini banyak orang Amerika yang telah menikmati kebebasan memilih menjalani kehidupan sesuai Dharma, karena kebebasan yang mereka jalankan selama ini tidaklah membawa kebahagiaan, bahkan kekosongan jiwa. Dengan “back to nature”, membuktikan agama Buddha tersebut cocok untuk siapa saja dan bersifat universal.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Jawaban tidak nyambung, Agama Budha lahir di India, mukzizatnya juga di India tapi mengapa sehebat itu tidak berkembang???

Michelle Bana, Elf n Shawol mengatakan...

Di bku "Why? Ancient Civilization of China and India (Peradaban china dan india kuno) *Word History Comics
Di sana ad d jelasin, knp ajaran buddha smpat melemah di India